Kamis, 26 Januari 2012

Eksportir ikan hias beralih ekspor ke Timur Tengah

http://industri.kontan.co.id/news/eksportir-ikan-hias-beralih-ekspor-ke-timur-tengah
JAKARTA. Walaupun Eropa berada di gerbang krisis, ternyata tidak menyurutkan semangat eksportir ikan hias mempertebal kantongnya. Tahun ini, eksportir ikan hias melirik pasar alternatif selain Eropa dan Amerika Serikat (AS), yaitu kawasan Timur Tengah.
Hendra Iwan Putra, Direktur PT Harlequin Aquatics, salah satu eksportir ikan hias menargetkan, ekspor ikan hias tahun ini naik sebesar 20%. Kenaikan ekspor karena ada penambahan permintaan di kawasan Asia dan Timur Tengah. "Banyak eksportir ikan mulai membuka jalur perdagangan ke Timur Tengah," alasan Hendra, hari ini (26/1).

Hendra bilang, dibandingkan pasar Eropa dan AS, pasar ekspor ikan hias ke Timur Tengah memiliki peluang besar untuk berkembang. Dalam sebulan, PT Harlequin Aquatics saja bisa mengekspor 12 ton ikan hias dengan tujuan Timur Tengah. Sementara untuk pasar ekspor ke Eropa hanya sekitar 500 kilogram (kg) per bulan.
Selain Asia dan Timur Tengah, pesanan ikan hias juga ada yang datang dari Brazil, meski persentasenya kecil. Jenis ikan hias yang diekspor itu beragam, mulai dari jenis ikan hias budidaya air tawar, sampai ikan hias dari laut, seperti neon tetra, botia, arwana silver dan komet.
Hendra mengurai, beberapa jenis ikan yang menjadi idola di pasar Timur Tengah antara lain komet, botia dan jenis tetra. Sedangkan untuk pasar ikan hias di Eropa, yang paling banyak digemari adalah ikan hias jenis tetra.

1 komentar: