Sabtu, 24 September 2011

BI hanya serap SUN Rp 321 miliar karena harga penawaran tinggi

BI hanya serap SUN Rp 321 miliar karena harga penawaran tinggi
JAKARTA. Bank Indonesia (BI) terus melakukan intervensi terhadap rupiah. Pembelian Surat Utang Negara (SUN) menjadi salah satu alternatif yang dilakukan bank sentral.

Kemarin (23/9) BI berhasil menyerap SUN di pasar sekunder sebesar Rp 321 miliar. Sebelumnya, BI menyatakan siap membeli SUN dengan harga sedikit di atas rata-rata. Namun dari target indikatif yang dipasang Rp 4 triliun, jumlah penawaran yang masuk hanya Rp 1,4 triliun.

"Ini karena harga yang ditawarkan sudah tinggi dan yieldnya rendah," ujar Direktur Direktorat Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter BI Perry Warjiyo.


Penyerapan BI hari ini lebih rendah dibandingkan operasi moneter yang dilakukan kemarin. Pada Kamis (23/9) BI menyerap Rp 1,7 trliun melalui lelang dan Rp 1,5 triliun dari pembelian bilateral.

BI kompak dengan bank-bank sentral di kawasan Asia melakukan intervensi valuta asing. Hal ini mengakibatkan nilai tukar di kawasan menguat. Termasuk rupiah yang berdasarkan kurs tengah BI hari ini ditutup Rp 8.780 per dollar AS.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar