Kamis, 21 April 2011

Taspen Luncurkan Layanan Berbasis Online

JAKARTA--MICOM: PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri Sipil atau Taspen (persero) meluncurkan pelayanan berbasis teknologi informasi. Pelayanan tersebut diyakini dapat mempermudah para pensiunan PNS untuk mengurus asuransi dan tunjangan hari tuanya.

Seperti dikatakan Direktur Utama PT Taspen (persero) Agus Haryanto ketika membuka peluncuran tersebut di Jakarta, Rabu (20/4).

"Taspen melakukan reformasi birokrasi, di antaranya dengan melakukan perbaikan pelayanan, keuangan, investasi dan sumber daya manusia. Salah satunya kita mengedepankan pelayanan secara online," katanya di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan.

Reformasi pelayanan yang dikejar oleh Taspen yakni dengan melakukan pemanfaatan teknologi informasi (TI). Dengan pemanfaatan TI tersebut, Taspen dapat membuat program online seperti eTabungan, eClaim, dan KPE (kartu PNS elektronik).

Nantinya, dengan program tersebut peserta Taspen yang tergabung dari seluruh PNS termasuk TNI/Polri ini dapat mengakses dan mengurus keperluan klaim asuransi maupun tunjangan hari tua atau pensiunnya.

"Dengan sistem online, peserta Taspen dapat melakukan klaim layanan dimana saja, tanpa terikat wilayah," kata Agus.

Selain mengedepankan sistem online, Agus juga akan memangkas administrasi bagi peserta Taspen.

"Kita akan lakukan juga reformasi pelayanan, mulai dari reformasi formulir kita lakukan penyederhanaan dari 10 lembar jadi hanya 2 lembar, kemudian dari semula tujuh meja proses klaim jadi hanya tiga meja."

Sementara itu, Menteri BUMN, Mustafa Abubakar yang hadir di acara tersebut mengaku senang dengan reformasi yang digulirkan di Taspen. "Saya beri apresiasi tinggi atas reformasi yang dilakukan, mudah-mudahan dapat berjalan lancar dan memberikan kemudahan bagi PNS," ujarnya. (FD/OL-9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar