Selasa, 27 September 2011

Kenaikan indeks emerging market hari ini terbesar sejak 16 bulan terakhir

Kenaikan indeks emerging market hari ini terbesar sejak 16 bulan terakhirSEOUL. Mayoritas saham di bursa emerging market masih melaju hingga siang ini. Pada pukul 15.39 waktu Seoul, indeks MSCI Emerging Markets naik 3,4% menjadi 880,39. Ini merupakan kenaikan terbesar sejak 10 Mei 2010 atau 16 bulan terakhir.

Sementara itu, indeks Taeix Taiwan naik 3,1%, indeks Kospi Korea Selatan naik 5%, dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 4,7%. Sedangkan pasar finansial Filipina ditutup karena adanya serangan badai Nesat yang menyebabkan tanah longsor di negara itu.

Lonjakan bursa emerging market hari ini disokong oleh spekulasi pimpinan Eropa akan mengambil langkah-langkah strategis dalam mengatasi krisis utang Eropa. "Investor berspekulasi bahwa akan ada kemajuan terkait penanganan masalah krisis utang Eropa. Beberapa hari terakhir, pasar saham terpukul hebat akibat aksi jual investor," papar Lim Chang Gue, fund manager Samsung Asset Management Co di Seoul.

Sejumlah saham yang pergerakannya turut mempengaruhi pergerakan bursa emerging market di antaranya: Samsung Electronics Co naik 3,7%, Hyundai Motor Co naik 5,6%, dan Samsung Heavy Industries Co naik 15%. Selain itu, ada pula Hyundai Heavy Industries Co dan Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co yang naik masing-masing 11%.

Saham-saham produsen komoditas juga melonjak hari ini. Sebut saja Jiangxi Copper Co yang naik 14% dan Korea Zinc Co yang naik 9,7%. Kenaikan tersebut terjadi setelah harga kontrak tembaga naik 2,8% di transaksi perdagangan London Metal Exchange. Dalam tujuh hari terakhir, harga kontrak tembaga sudah melorot sebanyak 17%. Selain itu, harga kontrak emas juga naik untuk pertama kalinya dalam lima hari.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar