Minggu, 31 Juli 2011

Dollar Australia makin perkasa terhadap dollar AS dan euro

Dollar Australia makin perkasa terhadap dollar AS dan euro
JAKARTA. Sepanjang Juli 2011, dollar Australia tercatat menguat 2,5% terhadap dollar AS ke 1,0988. Euro anjlok 3,2% terhadap aussie ke 1,3087. Namun di sisi lain, aussie melemah 2,3% terhadap yen yaitu ke level 84,26 dan tercatat melemah 3,3 terhadap dollar New Zealand ke 1,2495 seiring meningkatnya ekspektasi bahwa RBNZ bakal segera menaikkan suku bunga.

Pekan ini akan dirilis data termasuk di antaranya building approvals dan house price index kuartal II yang diprediksi membaik jadi -1% dari sebelumnya -1,7%. Tak hanya itu, Australia juga akan merilis data retail sales Juni yang diperkirakan mengalami kenaikan menjadi 0,3% dari sebelumnya 0,6% pada Mei. Namun fokus pelaku pasar akan tertuju pada sidang RBA pada 2 Agustus mendatang.
Berdasarkan jajak terakhir yang dilansir Reuters, sidang RBA pekan ini akan mempertahankan suku bunga di level 4,75%. Namun demikian saat ini mulai timbul perkiraan bahwa suku akan mencapai level 5% hingga akhir tahun setelah rilis data CPI kuartal II melebihi estimasi.
Para ekonom menyebut, fundamental ekonomi Australia saat ini berjalan sangat positif terutama dengan booming ekspor sektor pertambangan di tengah stabilnya permintaan dari Asia terutama China dan India. Kondisi ini berpeluang untuk terus menekan angka pengangguran dan sebaliknya meningkatkan pendapatan dan jumlah saving masyarakat Australia.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar