Jumat, 29 Juli 2011

PLN dapat banyak tawaran pasokan gas

JAKARTA : PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) telah mendapat tawaran pasokan gas dari 10 produsen gas domestik pasca kunjungan direksi PLN ke Iran dalam rangka penjajakan impor Liquefied Natural Gas (LNG) beberapa waktu lalu.


Direktur Energi Primer PLN Nur Pamudji mengatakan PLN masih menghitung berapa total pasokan gas yang bisa didapat dan berapa potensi penghematan yang bisa direalisasikan.

“Belum bisa saya ungkapkan sekarang karena masih dalam proses perundingan,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis hari ini.

Sebelumnya Direktur Utama PLN Dahlan Iskan mengatakan pasca kunjungannya ke Iran dan Kuwait beberapa waktu lalu, ternyata banyak produsen gas domestik yang kini menawarkan pasokan gas untuk PLN.

“Setelah pulang dari Iran ternyata banyak orang yang kaget. Malah banyak orang yang menawarkan dari dalam negeri. Ada 10, totalnya (komitmen gasnya) agak mengejutkan,” ujarnya.

Meski demikian, bukan berarti rencana PLN mengimpor LNG otomatis batal. PLN hanya berharap tawaran pasokan gas dari domestik ini bisa betul-betul direalisasikan. Impor LNG mungkin ditunda jika memang harga gas di dalam negeri bisa lebih baik.

“Saya mau buktikan apakah komitmen dalam negeri ini jalan atau tidak,” ujarnya.

Seperti diketahui, PLN menjajaki beberapa negara untuk mengimpor LNG. Setelah menjajaki Iran dan Kuwait, PLN juga berencana menjajaki impor gas dari negara tetangga, yakni dari Papua Nugini dan Australia.(api)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar