Minggu, 31 Juli 2011

Bulog kaji impor beras dari India dan Pakistan

JAKARTA. Perum Bulog tengah mengkaji impor beras dari India dan Pakistan. Selama ini, Bulog membeli beras dari Vietnam dan Thailand.

Direktur Utama Bulog Sutarto Alimoeso mengatakan, kajian impor beras dari India dan Pakistan ini lantaran harga beras yang ditawarkan Thailand lebih mahal. Menurutnya, Thailand akan menaikkan harga beras menjadi US$ 800 per ton. "Untuk mengimbangi itu kita harus punya pilihan lain kalau terpaksa harus impor lagi, bisa dari Pakistan dan India," katanya, akhir pekan lalu.

Bulog terpaksa mengimpor beras lantaran pasokan dalam negeri cenderung menurun. Menurut Sutarto, impor merupakan opsi terakhir pengadaan beras untuk mencukupi cadangan beras.

Namun demikian, Sutarto mengaku belum bisa membeberkan berapa besar rencana impor beras dari kedua negara tersebut. Pasalnya, hingga saat ini belum ada kesepakatan terkait jumlah kebutuhan beras impor dari kedua negara itu. "Ini kan kita masih dalam penjajakan," ujarnya.

Sebelumnya, Bulog telah membeli 500.000 ton beras dari Vietnam. Sutarto mengatakan, beras tersebut akan datang pada Agustus nanti. "InsyaAllah akan masuk langsung ke gudangnya Bulog," tegasnya.

Ia memaparkan, beras dari Vietnam tersebut nantinya akan masuk langsung ke pelabuhan-pelabuhan besar di Indonesia agar tidak lagi dilakukan pemindahan beras apabila dibutuhkan di daerah tertentu. Menurutnya, akan ada sekitar 20 pelabuhan besar yang akan menerima impor beras tersebut.

Namun, lanjutnya, untuk pelabuhan di Sulawesi Selatan dan Jawa Tengah tidak akan dimasuki beras impor. "Sampai hari ini belum berkenan keduanya itu. Kemudian Nusa Tenggara Barat (NTB) juga mengaku tidak memerlukan, jadi nggak," singkatnya.

Saat ini pengadaan beras bulog telah mencapai 1,3 juta ton yang diperkirakan akan mencukupi sampai lima bulan ke depan. Menurutnya, jika ditambah impor beras dari Vietnam, maka cadangan beras dalam negeri dapat mencukupi sampai dengan bulan Februari 2012 atau tujuh bulan dari sekarang.

"Kalau penyaluran Bulog normal, Itu bisa sampai lima bulan ke depan. Kalau ditambah impor itu sudah cukup 7 bulan, jadi sampai bukan Februari itu kita dijamin aman," terangnya.

Anggota DPR Rofi Munawar menilai, kebijakan impor tersebut merugikan petani dalam negeri. Ia mengatakan, keputusan melakukan impor beras ini seiring dengan harga beras yang bergerak naik menjelang bulan suci Ramadhan.

Ia memaparkan, harga beras kualitas sedang yang biasanya dijual antara Rp 6.800- Rp 7.000 per kilogram, saat ini harganya melonjak hingga Rp 8.500 per kilogram. Bahkan, beras kualitas terbaik yang sebelumnya hanya Rp 8.000 per kilogram, kini naik hingga Rp 12.000 per kilogram. "Operasi pasar memang perlu dilakukan untuk menstabilkan harga, tetapi operasi pasar yang masif harus di imbangi dengan daya serap yang tinggi pula di tingkat petani. Karena jika tidak seimbang stok akan cepat habis," paparnya.

Ia mengatakan, fenomena ini selalu berujung pada alasan klasik bahwa Bulog harus melakukan importasi guna mengamankan stok. Menurutnya, untuk mengamankan stok beras seharusnya Bulog melakukan manajemen stok yang lebih baik.

Ia beralasan, Badan Pusat Statistik (BPS) memaparkan produksi beras berdasarkan Angka Ramalan II naik 2,4%. Maka, "Bulog harus lebih agresif menyerap gabah dari petani, jika perlu para Ka Divre Bulog turun menjemput dan meyakinkan petani untuk menjual gabahnya," tegasnya.

Jika melihat harga beras Vietnam yang rata-rata mencapai US$ 500 per ton, Munawar bilang impor beras menghabiskan sekitar Rp 2,1 Triliun. "Ini menunjukan, Bulog lebih memilih mensejahterakan petani Vietnam," tandasnya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar